Laporan dari Suzuki Mega Camp Lapangan Syeh Yusuf Gowa

Sore tadi, sekitar jam 4, saya sempatin sedikit waktu untuk mengunjungi acara Suzuki Mega Camp yang rutin di adakan oleh Suzuki Tiap tahun. Nah, tahun ini diadakannya di Lapangan Syeh Yusuf Kab. Gowa Sul Sel, yang kebenaran dekat dengan rumah.

Pas datang, ehh acara tinggal pengumuman pemenang2 yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, diantaranya Drag Race, Festival Band, lomba mewarnai, dan lomba Goyang Cesar.
image

image

nih yang unik, pemenang drag race untuk kelas metik110 di menangkan oleh bocah cilik, bahkan yang memberikan hadiah hrus duduk biar sama tinggi… :D :D :D

Disamping itu, ternyata suzuki sedang mengadakan lomba intern juga, yaitu lomba menjual motor sebanyak mungkin tiap dealer se sul sel yang ikut dalam acara ini.
image

para salesnya sedang sibuk menerima pemasukan penjualan.
image
dan akhirnya sampai detik terakhir, motor suzuki yang terjual selama 2 hari ini berjumlah 344 biji. woww,, lumayan nih untuk meningkatkan market share bulan ini. varian paling banyak laku adalah suzuki Nex yang sedang promo potongan harga hingga 2,4juta. indikasi menghabiskan stok yahhh??. hehehehe.. mklum nex adrress siap mluncur.
image

nah, itulah dia atas hasil lombanya, disamping tiap dealer, sales force pun bertanding untuk menjual sebanayk banyaknya. dan pemenangnya ternyata menjual motor sebanyak 34 biji atas nama Yuyun dari Suzuki urip.

selamat deh buat para pemenang, jangan lupa tahun depan lebih di meriahkan konsep acaranya.

Reinkarnasi Batok Suzuki Satria FU

Artikel ringan siang ini,,,
Setau saya sih, suzuki satria fu, sang anak emas suzuki ini, dari mulai di import secara CBU dari Thailand, sudah mengalami 3 kali perubahan atau facelist, namun perubahan yang paling jelas hanya ada di Batok depan atau headlamp nya.

Pada Generasi pertama seperti gambar dibawah, lebih kecil dan ramping, nah menurtu saya model inilah yang paling pas dengan body satria sendiri yang kurus langsing.fu1

Kemudian, pada tahun 2008/2009, terjadi facelist pertama dengan beberapa ubahan namun yang paling jelas dan kentara yahh,, di batok aja. yang dulunya kurus, sekarang memelar dan mekar seperti bunga dengan tambahan visor di bagian atas.

fu2dan yang ke 3 dan yang paling baru, malah sang bunga mekar itu, sedikit malu2 dan hampir menutup, apakah ada indikasi bakal meredup juga penjualannya?? :D

Model ini spertinya ingin menggabungkan antara sang bunga mekar tadi, yang kemudian ingin juga melangsingkannya seperti generasi pertama, maka hasi lnya adalah sang bunga mau tertutup… :D :D

fu3pict. from pertamax.com

Dari semua model diatas, sebenarnya selalu mengikuti aura lampu sang moge nya, si GSX R1000

Pict. from google.

Motor tunggangan pengawal presiden, Yamaha FZ-1

lanjut ke artikel ke dua untuk sore ini, habis liat berita di TV, lagi hot-hotnya nih isu antara Jokowi dan paspampres tentang tata cara pengamanan. Nah, pas liat berita tersebut, mucullah motor yang selalu mepet disamping kiri kanan mobil kepresidenan. Awalnya saya kira itu adalah si MT-07 si master of tourqe, dalam hati, mantap nih, baru di perkenalkan, sudah dipakai Paspampres RI. mt-07namun lama kelamaan dari berbagai sumber berita, ternyata salah, itu adalah FZ-1 1000cc. atau versi naked bike dari R1.
pas1pas3dari situs news.detik.com, Motor ini sudah ada sejak tahun 2010 lalu, dan sudah mengabdi kepada SBY juga. Berikut penampakan jelas serta spesifikasinya.
fz1fz2

Model: Yamaha FZ1
Year: 2009
Category: Naked bike
Rating: 77.7 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 998.00 ccm (60.90 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Compression: 11.5:1
Bore x stroke: 77.0 x 53.6 mm (3.0 x 2.1 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Injection
Fuel control: DOHC
Ignition: TCI: Transistor Controlled Ignition
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive: Chain
Fuel consumption: 6.72 litres/100 km (14.9 km/l or 35.00 mpg)
Greenhouse gases: 155.9 CO2 g/km. (CO2 – Carbon dioxide emission)
Chassis, suspension, brakes and wheels
Rake (fork angle): 25.0・・
Trail: 109 mm (4.3 inches)
Front suspension: 43mm fork
Front suspension travel: 130 mm (5.1 inches)
Rear suspension: Single shock
Rear suspension travel: 130 mm (5.1 inches)
Front tyre dimensions: 120/70-ZR17
Rear tyre dimensions: 190/50-ZR17
Front brakes: Double disc
Front brakes diameter: 320 mm (12.6 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 245 mm (9.6 inches)
Physical measures and capacities
Weight incl. oil, gas, etc: 220.0 kg (485.0 pounds)
Seat height: 815 mm (32.1 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,204 mm (47.4 inches)
Overall length: 2,141 mm (84.3 inches)
Overall width: 770 mm (30.3 inches)
Wheelbase: 1,461 mm (57.5 inches)
Fuel capacity: 17.97 litres (4.75 gallons)
Other specifications
Starter: Electric
Color options: Cobalt Blue, Granite Gray/Raven

CBR150R CBU VS CBR150 Lokal

Siang ledis en jentelmen. yang tidak jentel berearti ledis… :D

Ngak tau nih artikelanya mau di kasi judul apa, yang jelasnya disini akan saya bahas tentang nih motor yang kurang laku awalnya dan langsung booming gara2 diskon gede’, 13jutaan gan diskonnya. Tapi dimakassar promonya malah dapat motor 1. kurang tau juga motor apa

.

Yang pertama saya bahas adalah varian CBUnya sendiri, awal kemunculan dulu memang sangat heboh, tapi apa boleh dikata, penjualannya nyungsep, ketemu di jalan aja susah amat, nih di makassar, kota lain mungkin beda. Dengan predikat motor CBU, mungkin AHM berfikir posisi harga bisa seenaknya dimainkan, yang awalnya hanya 33jutaan, lama kelamaan naik hingga mencapai 40an (Makassar). Kompetitor memang tidak ada, tapi lah wong cc aja 150, tapi masyarakat kelas menengah ke atas malah milih cbr250R. ini jadi faktor kegagalan ke2 setelah pricing tadi.

Nah sekarang setelah ada diskon besar2an, dengan harga under 30juta. sekarang malah jadi buruan. :D kenapa??? Karena faktor harga tentunya.
Harga murah dengan kondisi CBU, rangka deltabox, prestige nya makin tambah naik.Para calon pembeli motor sport di rentang harga 25jutaan, pasti mikir untuk nambah dikit, dapat motor CBU deh,,, lebih mantap.

Oke, lanjut kita bahas nih yang masih dalam kandungan, si CBR150 Lokal, saya tidak berharap banyak sih, yang jadi nilai plus nya cuma di penyegaran di tampilan body yang sudah dual headlamp. Rangka yang mengambil dari CB150r saya kira malah membuat nilai prestige nya berkurang. Karena bagi masyarakat awam ,Sport dengan deltabox adalah teknologi yang paling baik. 20130911-2014-honda-cbr300r-02-519x389

Pricing kira2 berapaan?? nah ini yang akan menentukan juga nyungsep tidaknya si cbr lokal ini. kalau bisa mepet deh dengan r15. tapi penerawangan saya, akan sulit untuk melawan r15.

Tapi marilah kita tunggu sama-sama. silahkan di komentarin..

Ratthapak Wilairot, siapakah dan dimanakah dia sekarang?

ratthapakRatthapak Wilairot, sudah cocok yah tulisannya, memang nama nama Vietnam rada-rada susah disebutkan. Karena mereka tidak mengambil dari nama-nama kayak islam, biasanya mereka malah mengambil nama dari hal hal yang unik, misalnya gabungan antara nama ayah dan ibunya. Kok malah bahas nama…

Sekarang kita focus ke materi, kemana kah pembalap Thailand ini sekarang, setelah googling ternyata di pindah ke WSS, moto2 nya WSBK. Pertengahan musim 2013 lalu, tiba-tiba dia menghilang dan memutuskan berhenti balap moto2, kenapa??? Ternyata something wrong dengan tim akhirnya dia digantikan thotopong warakorn. Namun tak lama, ada tawaran dari WSS tim PTR Honda. Langsung ngacir lagi dehh,,

Nah ini yang seru, setelah nemu di Wikipedia, ternyata pembalap yang sudah melanglang buana dari tahun 2007 ni kelas 250 cc motogp ini adalah anak dari seorang pembalap juga bernama Chritsmas Wilairot. Hmmm…. Dan adiknya pun yang bernama Ratthapong wilairot juga menjadi pembalap di Asia Road race Championshop. Ternyata memang buah jatuh tak jauh dari batangnya, kecuali yang digondol maling. :D

Berikut grafik karir dan prestasi dari Ratthapak Wilairot Selama di Kelas 250 dan moto2.

Season Class Moto Races Win Podiums Pole Pts Position
2006 250cc Honda 1 0 0 0 6 28th
2007 250cc Honda 17 0 0 0 30 17th
2008 250cc Honda 16 0 0 0 73 13th
2009 250cc Honda 15 0 0 0 81 13th
2010 Moto2 Bimota 17 0 0 0 30 22nd
2011 Moto2 FTR 14 0 0 0 4 30th
2012 Moto2 Moriwaki 17 0 0 0 9 27th
Suter
2013 Moto2 Suter 8 0 0 0 0 NC
2014 Moto2 Caterham Suter 1 0 0 0 0* NC*
Total 106 0 0 0 233

 

Motor baru Suzuki Nex Address dan peluangnya

Artikel malam ini ditemani si blacksweet. masih membahas sedikit nih tentang metik Baru suzuki, yaitu Nex Address, atau address. Namanya sepertinya masih belum fix.
Dari 2 foto yang beredar, sebelumnya tertulis address, tapi belakangan muncul lagi dengan nama NEX.suzuki-address-115suzuki-nex-2015-01

Tampak lampu belakang sudah lebih jelas, lebih mueruncing dari Mio j. Sepertinya memang mau di benturkan nih dengan mio J.

Saya pernah dulu membahas tentang suzuki nex dan memberikan kritikan kepada suzuki tentang skutik mereka itu yang memang aneh bentuknya menurut saya, artikenya disini. Yang paling saya kritik adalah tampilan depan terutama lampu utamanya, dan saya kritik juga tentang velg nya yang memiliki model aneh (juga).. :D

Karena kritikan saya itu lah (mungkin :D) akhirnya suzuki merilis generasi nex ini dengan mengubah pas kedua opsi yang saya sarankan. Tampilan depan berubah total dengan mengambil aura Mio J (menurut saya), dan mengganti velg dengan model palang 5, bukan lagi palang 3 yang aneh itu.

Nah,, kita ke tema malam ini yaitu peluang nex baru aka address ini.
dari segi tampilan konsumen saya kira calon konsumen sudah bisa menerima dan membandingkan terlebih dahulu dengan motor2 kompetitor yang ada sekarang. Sebagai lawan utama dikelas ini adalah Mio j dan beat fi. Tapi kalau melihat sisi model maka calon konsumen hanya akan membandingkan dengan mio j saja. jadi saya rasa lawan utama nya adalah mio j.

Lantas bisakah mengambil hati para calon pembeli mio J???
ada 1 syaratnya, yaitu posisi harga. Apakah akan di stell sama atau mendekati, lebih murah, atau lebih mahal?? nahh ini yang harus difikirkan SIS.
Saran saya, usahakan lebih murah minimal 5rtus ribu, saya yakin calon pembeli mio j akan lari ke motor ini. Fiturnya memang belum ada gambaran secara resmi, mudah mudahan bisa selengkap mio j.

soo…metik penganggu baru suzuki ini saya yakin akan lebih sukses dari nex lama.
Dan bersiaplah Yamaha akan tergerus kue metiknya. Buat Honda beat fi, mungkin hanya akan terganggu secuil aja… :D

Silahkan di komentarin,,,

Metik baru Suzuki dengan nama Address siap meluncur

Bismillah, setiap melakukan sesuatu hal, usahakan membaca bismillah… :D

Nah, masih menyambung nih artikel sebelumnya tentang motor motor baru yang akan segera brojol, sepertinya yang sangat sangat mungkin duluan mengaspal adalah Si skutik anyar dari suzuki ini. suzuki-address-115Ini gambar kira kira di mana yahh… ??? di pabrik suzuki??? karena banner di belakang seperti acara lounching nya. yahh,,, mungkin pertama tama acara internal untuk para dealer se Indonesia. Tag line nya cukup unik, “MOTOR SERBA GUNA”, mirip mirip ma roda 3 aja… :D.
Dalam foto ini sepertinya aura mio j sangat kental, persis sama perkataan om pertamax7.com, spido memiliki garis desain yang mirip denga mio j.
kita lanjut ke foto berikutnya.

suzuki_nex_address-1velg, dengan palang 5, tidak sama dengan nex fi, bagasi agak besar, volume mirip2 dengan beat fi.
Footsteep boncengan juga sudah terpisah seperti mio dan beat fi, dan spatbor belakang mirip dengan blade atau axelo dengan lampu tersendiri untuk penerangan plat nomor.
Desain lampu belakang nih yang belum jelas, namun sepertinya aura mio j juga masih ada.Suzuki_Nex_Address-2

Nah, ini nih foto pertama yang muncul di jagad raya.
Aura mio j juga sangat kental di bagian tebeng depan, malah lebih joss ni menurut ane, ujung bawahnya mengambil sedikit desain dari axelo.
Lampu utama kecil namun cantik, kalau diperbesar akan mirip gw250 tuh,,, :D
Untuk bagian sayap, desainnya ane rasa bukan nyomot mio j, tapi tetap mempertahankan aura sang kakak, si Nex.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa pakai nama Address???
Setelah ane googling dengan kata pencarian Suzuki address, ternyata nama ini sudah dipakai oleh beberpa varian suzuki di negara lain, yang pertama adalah bebek address yang kalau di indonesia adalah shogun 125 versi ke dua.

dan yang kedua adalah beberapa tipe skutik

oke, sekian dulu berita malam ini. Kita tunggu lounching resmi untuk pasar indonesia.
Salam indonesia raya..

Pic. from om iwanbanaran.com, om pertamax7.com, dan om google.